A.
Pengertian
Bisnis
Menurut “Skinner 1992”, Bisnis adalah
pertukaran barang dan jasa atau uang yang saling menguntungkan dan memberi
manfaat.
Bisnis mempunyai arti dasar sebagai “THE
BUYING AND SELLING OFF GOODS AND SERVICES”, bisnis tidak terlepas dari
aktivitas produksi, pembelian dan penjualan maupun pertukaran barang dan jasa
untuk dapat menghasilkan laba bagi sipelaku bisnis, meningkatkan standar hidup
melalui institusi pendidikan, keagamaan, perkumpulan sosial, dan ekonomi
(perusahaan).
Jadi, bisnis adalah suatu
organisasi yang menjual jasa atau barang kepada pembeli atau konsumen ataupun bisnis lainnya, untuk memperoleh laba.
Ada tiga hal penting dalam bisnis
yaitu menghasilkan barang dan jasa,
mencari profit, dan memaksimalkan kebutuhan konsumen.
B. Cara Mengklasifikasikan
Bisnis
Untuk mengidentifiksi peluang bisnis ada 2
fase yaitu :
1. Untuk Menemukan Gagasan
Ada
4 “tempat” untuk memperoleh gagasan peluang bisnis baru, yaitu :
a. Diri Sendiri
Kepekaan
untuk bertanya dengan diri sendiri, apa yang diperlukan dan dibeli oleh orang
lain.
b. Pelanggan dan Pesaing
Sulit,
karena tidak selalu jujur mengatakan segala hal yang ingin diketahui.
c. Pasar
Keberhasilan
suatu produk disatu pasar kerapkali dapat melahirkan gagasan tentang sukses dan
potensial disuatu pasar lain.
d. Produk yang Gagal
Suatu
evaluasi yang mendalam atas produk yang baru.
2. Gagasan yang Berhubungan
dengan Peluang Bisnis
a. Analisis persoalan
b. Analisi altuasi
c. Merumuskan wilayah yang
tidak diketahui
d. Mensurvei pelanggan sasaran
C. Karakteristik Sistem Bisnis
1. Kompleksitas dan Diversitas
Yaitu bisnis yang
muncul dengan berbagai sector dengan beberapa kelompok industry . Masing
–masing industry yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan –perusahaan yang
bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup
aktivitasnya, serta gaya manjemen yang diterapkan .Contohnya, pembuat perkakas
elektrik, dan produk – produk elektronik .
Kompleksitas
yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go
internasional memiliki perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk
local. Selain menghadapi perbedaan dalam perilaku konsumen , perusahaan global
juga menghadapi kendalaekonomis, misalnya penetapan tariff dan kuota untuk
ekspor dan impor oleh Negara tujuan .
2. Saling Bergantung
(Interdependen)
Yaitu masing –masing
perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan
lain . hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi
perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan
bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain
Ketergantungan juga
dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam
suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan
mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri
melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan
harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu
memasarkan produknya.
3. Perubahan dan
Inovasi
Perubahan dan inovasi sangat diperlukan
dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnisyang cepat.
Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan
produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak
langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis
bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan
lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang berubah,
serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
D.
Peran
Bisnis dalam Kehidupan Masyarakat
Peran bisnis
dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah penting karena bisnis merupakan
kegiatan pertukaran barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan
sehari hari. Dewasa ini bisnis semakin berkembang, ditambah dengan semakin
majunya ilmu teknologi yang semakin mempermudah masyarakat dalam berbisnis,
misalnya saat ini banyak sekali bisnis-bisnis online yang bermunculan, dengan
menggunakan satu atau beberapa software pendukung dan barang atau jasa yang
disediakan maka kini kita semua dapat memulai bisnis online. Tidak dapat
dipungkiri bisnis online saat ini sangat menguntungkan bagi para pelakunya,
karena banyak sekali kemudahan-kemudahan didalamnya seperti pembeli tidak perlu
datang ke toko penjual dan lain sebagainya. Oleh karena itu bisnis ini masih
terus berkembang hingga saat ini. Dalam hal berbisnis tidak luput dengan kata
untung atau rugi oleh sebab itu kita sebagai pelaku bisnis harus dapat
mensiasati bagaimana caranya agar bisnis tetap belanjut, dengan upaya-upaya
pembaharuan yang dapat menarik minat konsumen. Jadi, peranan bisnis dalam
kehidupan bermasyarakat sangatlah kompleks sebagai roda perputaran kegiatan
ekonomi yang mencakup berbagai aspek kehidupan, karena bisnis dianggap sebagai
kegiatan yang dapat memberikan keuntungan dan dapat memperbaiki perekonomian
seseorang.
Sumber :
Modul Pengantar
Bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar