Jumat, 28 Oktober 2016

Bisnis



A.   Pengertian Bisnis
Menurut “Skinner 1992”, Bisnis adalah pertukaran barang dan jasa atau uang yang saling menguntungkan dan memberi manfaat.
Bisnis mempunyai arti dasar sebagai “THE BUYING AND SELLING OFF GOODS AND SERVICES”, bisnis tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian dan penjualan maupun pertukaran barang dan jasa untuk dapat menghasilkan laba bagi sipelaku bisnis, meningkatkan standar hidup melalui institusi pendidikan, keagamaan, perkumpulan sosial, dan ekonomi (perusahaan).
Jadi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada pembeli atau konsumen ataupun bisnis lainnya, untuk memperoleh laba. Ada tiga hal penting dalam bisnis yaitu  menghasilkan barang dan jasa, mencari profit, dan memaksimalkan kebutuhan konsumen.

B.    Cara Mengklasifikasikan Bisnis
Untuk mengidentifiksi peluang bisnis ada 2 fase yaitu :
1.     Untuk Menemukan Gagasan
Ada 4 “tempat” untuk memperoleh gagasan peluang bisnis baru, yaitu :
a.    Diri Sendiri
Kepekaan untuk bertanya dengan diri sendiri, apa yang diperlukan dan dibeli oleh orang lain.
b.    Pelanggan dan Pesaing
Sulit, karena tidak selalu jujur mengatakan segala hal yang ingin diketahui.
c.    Pasar
Keberhasilan suatu produk disatu pasar kerapkali dapat melahirkan gagasan tentang sukses dan potensial disuatu pasar lain.
d.    Produk yang Gagal
Suatu evaluasi yang mendalam atas produk yang baru.
2.    Gagasan yang Berhubungan dengan Peluang Bisnis
a.    Analisis persoalan
b.    Analisi altuasi
c.    Merumuskan wilayah yang tidak diketahui
d.    Mensurvei pelanggan sasaran

C.    Karakteristik Sistem Bisnis

1.     Kompleksitas dan Diversitas
Yaitu bisnis yang muncul dengan berbagai sector dengan beberapa kelompok industry . Masing –masing industry yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan –perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manjemen yang diterapkan .Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan produk – produk elektronik .
      Kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk local. Selain menghadapi perbedaan dalam perilaku konsumen , perusahaan global juga menghadapi kendalaekonomis, misalnya penetapan tariff dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan .
2.    Saling Bergantung (Interdependen)
Yaitu masing –masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan lain . hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain
Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya. 
3.    Perubahan dan Inovasi
Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnisyang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

D.   Peran Bisnis dalam Kehidupan Masyarakat

Peran bisnis dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah penting karena bisnis merupakan kegiatan pertukaran barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Dewasa ini bisnis semakin berkembang, ditambah dengan semakin majunya ilmu teknologi yang semakin mempermudah masyarakat dalam berbisnis, misalnya saat ini banyak sekali bisnis-bisnis online yang bermunculan, dengan menggunakan satu atau beberapa software pendukung dan barang atau jasa yang disediakan maka kini kita semua dapat memulai bisnis online. Tidak dapat dipungkiri bisnis online saat ini sangat menguntungkan bagi para pelakunya, karena banyak sekali kemudahan-kemudahan didalamnya seperti pembeli tidak perlu datang ke toko penjual dan lain sebagainya. Oleh karena itu bisnis ini masih terus berkembang hingga saat ini. Dalam hal berbisnis tidak luput dengan kata untung atau rugi oleh sebab itu kita sebagai pelaku bisnis harus dapat mensiasati bagaimana caranya agar bisnis tetap belanjut, dengan upaya-upaya pembaharuan yang dapat menarik minat konsumen. Jadi, peranan bisnis dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah kompleks sebagai roda perputaran kegiatan ekonomi yang mencakup berbagai aspek kehidupan, karena bisnis dianggap sebagai kegiatan yang dapat memberikan keuntungan dan dapat memperbaiki perekonomian seseorang.

Sumber :
Modul Pengantar Bisnis
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Sumber Daya Manusia

Bagaimana Persiapan dalam Menghadapi Wawancara Kerja baik Offline maupun Online ?             Dewasa ini, kita semua pasti sudah seri...